Dua Prestasi Terbaik Diraih dalam Waktu Semalam
photo
FitriahKamis, 1 September 2022 - 08:13

Balikpapan (MAN Balikpapan) Ini adalah kali ketiga bagi Siti Fitriani Khotijah untuk kembali membuktikan bahwa berpuisi  merupakan  hobi sekaligus panggilan jiwa dari sosok seorang  pelajar  putri dari MAN Balikpapan. Kepiawaiannya dalam mengeskpresikan kata-kata pada tiap larik puisi melalui intonasi, tempo, gesture, dan mimik yang maksimal, mampu mengantarkan Fitri  selalu merebut juara dalam ajang lomba baca puisi dan pidato. 

Pengalaman pertamanya pada tahun 2020, Fitri mengikuti lomba musikalisasi puisi tingkat pelajar secara nasional yang diselenggarakan Politeknik Balikpapan dan meraih juara ke-3. Sejak itu, Fitri selalu bersemangat untuk selalu mengikuti ajang lomba puisi.

Pertengahan Mei 2022 kemampuannya kembali diakui dengan merebut juara ke-3 dalam Lomba Baca Puisi tingkat Provinsi Kalimantan Timur, yang diselenggarakan Universitas Balikpapan (Uniba) ,  berdua dengan Berliana Mugi Wulandari yang juga berhasil menyabet juara ke-2 pada Loba yang sama.    

Pada tahun yang sama Fitri mengikuti Lomba Baca Puisi tingkat Pelajar (siswa dan mahasiswa) yang digagas Partai Berkarya dan mengusung tema “Kemerdekaan”. Dalam ajang ini kembali mengantarkan Fitri meraih Juara ke-3. (27/8)

Tak berhenti sampai di situ saja, Fitri juga  membuktikan kemampuannya dalam berorasi dan berhasil meraih Juara ke-2 pada Lomba Pidato dalam event yang sama. Torehan prestasi terbaik dari seorang siswi yang saat ini  duduk di kelas XII IPA 1 sebagai bentuk pernyataan bahwa dia memiliki talenta bersastra sekaligus menguji kemampuan literasinya selama ini. Dengan banyak membaca, maka Fitri mampu menyusun pidatonya dengan baik dan terarah. 

“Benar-benar suatu kejutan pada akhir Agustus 2022 ini. Berita ini saya terima saat malah hari, bahwa  Fitri memperoleh sekaligus 2 prestasi, yaitu sebagai Juara ke-3 Baca Puisi dan Juara ke-2 Pidato pada tingkat pelajar dan mahasiswa dalam event yang sama. Suatu kebanggaan, bahwasanya Fitri yang masih duduk di bangku Madrasah Aliyah bisa mengungguli beberapa peserta yang berasal dari perguruan tinggi. Besar harapan saya dan juga seluruh dewan guru untuk siswa lainnya yang memiliki potensi untuk meraih prestasi, mari tunjukkan kebolehan dan potensi kalian dalam ajang-ajang lomba positif seperti ini”, ucap Kepala MAN Balikpapan, Roihanun,S.Pd.  

Noorlena, selaku guru pembimbing Fitri mengatakan bahwa harapan terbesarnya sebagai Guru Bahasa Indonesia yang  ditujukan pada seluruh siswa MAN Balikpapan agar memiliki semangat membaca. Perpustakaan telah menyediakan buku-buku bagi para siswa,  baik secara fisik maupun buku digital. Hal lain lagi dari pemanfaatan smartphone sebagai alat yang dapat memudahkan pemakainya untuk mengakses berbagai informasi dalam waktu singkat. Sangat bijak kiranya jika kita dapat memanfaatkan gawai itu dalam hal-hal positif sebagai usaha untuk memperoleh informasi seraya menggali ilmu pengetahuan untuk mengembangkan wawasan keilmuan yang kelak mampu membawa para siswa menuju prestasi terbaiknya dalam bidang-bidang tertentu sesuai bakat dan minat mereka masing-masing. 

“Fitri sudah membuktikan bahwa hobi membaca dan menulis membuat dia mampu berkali-kali mempersembahkan prestasinya bagi MAN Balikpapan. Semoga hal yang sama juga dapat dilakukan siswa lain,” pungkas Noorlena. 

Humas MAN Balikpapan

05Okt2022
photo
MAN Balikpapan Turut Berpartisipasi pada PORSENI KEMENAG KALTIM CUP 2022
1
05Okt2022
photo
Validasi Perangkat Pembelajaran Guru MAN Balikpapan 2022
0
05Okt2022
photo
Revalina Putri dan Khaliilah Aufa Sabet Prestasi Akademik Nasional Sosiologi
2
24Sep2022
photo
MAN Ikuti Kegiatan BRUS dari KUA Kota Balikpapan
5
24Sep2022
photo
Green Generation Award Tahun 2022 Kunjungi MAN Balikpapan
6
21Sep2022
photo
Tim Jurnalistik Untuk MAN Balikpapan
9
15Sep2022
photo
Ekskul GG MAN Balikpapan Adakan Program Pengumpulan Minyak Jelantah untuk Menyelamatkan dan Melestarikan Bumi
17
15Sep2022
photo
Estrakurikuler Mading Sebagai Wadah Pengembangan Bakat Siswa MAN Balikpapan
13