Ekskul GG MAN Balikpapan Adakan Program Pengumpulan Minyak Jelantah untuk Menyelamatkan dan Melestarikan Bumi
photo
FitriahKamis, 15 September 2022 - 11:36

Balikpapan (Madrasah) – (10/09/22) Ekskul GG (Green Generation) MAN Balikpapan adakan kegiatan pengumpulan minyak jelantah, yang didampingi  langsung  oleh Ibu Romilda Julia Havila, S.Pd selaku pembina ekskul GG MAN Balikpapan. Pelaksanakan kegiatan dilakukan   seluruh anggota ekskul GG MAN Balikpapan baik di Kampus 1 Mekkah Jalan Prapatan  maupun Kampus 2 Madinah Kilo 8.5 Jalan Padat Karya. Kegiatan pengumpulan minyak jelantah dilaksanakan setiap hari Sabtu setiap satu minggu sekali pukul 07.30 WITA s.d selesai. Alhamdulillah kegiatan pengumpulan minyak jelantah ini berjalan dengan baik dan lancar.

Kegiatan GG MAN Balikpapan dilaksanakan dalam rangka program penyelamatan bumi dengan menghindari pembuangan minyak jelantah sembarangan, serta bertujuan  agar minyak jelantah dapat difungsikan kembali menjadi BBM (Bahan Bakar Minyak) selain itu juga tidak membuang minyak jelantah sembarangan agar tidak mencemari lingkungan serta terciptanya lingkungan yang lestari.

Seluruh siswa/i  dan  warga MAN Balikpapan yang memiliki minyak jelantah di rumah, dapat dibawa ke madrasah menggunakan wadah botol air mineral ataupun jerigen. Cara pengumpulan minyak jelantah ini siswa hanya perlu menyerahkan minyak jelantahnya kepada petugas yang berjaga saat itu. Setelah menyerahkannya, siswa perlu memberi tanda tangan di dalam buku absen yang sudah disediakan yang menandakan bahwa siswa sudah menyetorkan minyak jelantahnya minggu ini.

“Saya berharap seluruh warga MAN Balikpapan ikut serta berpartisifasi dalam pengumpulan mimyak jelantah ini tidak hanya ekskul green Generation, agar terciptanya lingkungan yang lestari.” ungkap Ibu Romilda Julia Havila, S.Pd.  

Tim jurnalistik mewawancarai Annisa Pertama Sari selaku Wakil Ketua Ekskul GG MAN Balikpapan terkait proses kegiatan pengumpulan minyak jelantah, “Saya menyarankan kepada seluruh siswa/i dan seluruh warga MAN Balikpapan agar dapat mengumpulkan minyak jelantah. walaupun pengumpulan minyak jelantah tidak wajib, tetapi diperlukan inisiatif dari diri sendiri untuk membawa dan mengumpulkannya. Kalian bisa bertanya kepada ibu kalian yang sering memasak di rumah jika ada minyak yang sudah tidak digunakan lagi maka jangan di buang terlebih dahulu, lebih baik untuk dikumpulkan agar dapat di kelola sehingga minyak jelantah tersebut tidak akan mencemari lingkungan.” ucap Annisa Pertama Sari.

Selain itu Annisa Permata Sari berpesan untuk seluruh siswa/i MAN Balikpapan, “Saya berharap untuk kedepannya agar kegiatan pengumpulan minyak jelantah ini bisa terlaksana dengan lebih baik dan lancar agar Ekskul GG MAN Balikpapan semakin maju.” tambahnya.

“Saya sangat mendukung dan bangga serta berterima kasih kepada siswa/i serta pembinanya yang telah melaksanakan pengumpulan minyak jelantah tersebut, selain dapat dimanfaatkan Kembali juga dapat menyelamatkan dan melestarikan bumi kita.” pungkas Ibu Roihanun, S.Pd. selaku Kepala MAN Balikpapan. (pbri-slma-whidh)

05Okt2022
photo
MAN Balikpapan Turut Berpartisipasi pada PORSENI KEMENAG KALTIM CUP 2022
1
05Okt2022
photo
Validasi Perangkat Pembelajaran Guru MAN Balikpapan 2022
0
05Okt2022
photo
Revalina Putri dan Khaliilah Aufa Sabet Prestasi Akademik Nasional Sosiologi
2
24Sep2022
photo
MAN Ikuti Kegiatan BRUS dari KUA Kota Balikpapan
5
24Sep2022
photo
Green Generation Award Tahun 2022 Kunjungi MAN Balikpapan
6
21Sep2022
photo
Tim Jurnalistik Untuk MAN Balikpapan
9
15Sep2022
photo
Estrakurikuler Mading Sebagai Wadah Pengembangan Bakat Siswa MAN Balikpapan
13