Gerakan Penghijauan di Kampus 2 MAN Balikpapan
photo
NoorlenaMinggu, 1 Agustus 2021 - 20:07

Balikpapan (MAN Balikpapan) Di penghujung bulan Juli 2021 Guru dan Tenaga Pendidikan MAN Balikpapan bersemangat melakukan penanam bibit tanaman buah dan beberapa tanaman  lainnya, di area Gedung Asrama MAN Boarding School (Kampus 2 MAN Balikpapan) km 8, Jl. Soekarno-Hatta, Balikpapan

Mujafar Husen selaku Waka Sarana dan Prasarana yang menggagas kegiatan ini mengatakan bahwa penanaman pohon sebagai gerakan penghijauan lahan madrasah, merupakan  upaya tindak lanjut himbauan dari H. A. Umar ( Direktur KSKK Periode 2017-2021) saat beliau berkesempatan mengunjungi Gedung Asrama MAN Balikpapan bulan April lalu.

Respon positif langsung datang dari  Kepala Madrasah beserta jajaran guru dan karyawan MAN Balikpapan. Tepat pukul 08.00 Wita para guru dan perwakilan siswa yang datang sambil  membawa alat pertanian sederhana dan bermacam-macam jenis bibit tanaman buah bergerak menanam satu demi satu bibit tanaman buah di beberapa titik penanaman. Hal ini  menandakan kebulatan tekad bersama untuk menghijaukan lahan baru madrasah yang selama ini dianggap cukup gersang.

“Tujuan dari penanaman pohon di area Kampus 2 MAN Balikpapan ini dilakukan supaya lingkungan madrasah menjadi hijau dan tidak gersang. Menjadikan pemandangan madrasah menjadi asri. Dengan demikian tentunya  akan diperoleh oksigen yang berkualitas karena   sirkulasi udara  yang baik. Suasana pun akan menjadi lebih sejuk. Hal lain yang tak kalah pentingnya ,adalah penghijauan ini merupakan pembelajaran terhadap siswa agar terbentuk karakter menjaga lingkungan sesuai dengan visi MAN Balikpapan,” terang Mujafar (31/7)

Penghijauan sebagai salah satu peran warga madrasah untuk memberikan suasana hijau dan nyaman kelak saat gedung tersebut digunakan jika Pembelajaran Tatap Muka diterapkan. Selain itu keberadaan tanaman ini sangat penting untuk menjaga kondisi tanah. Akar tanaman membantu menyatukan tanah, mengurangi erosi dan membantu melestarikan tanah.

“Kami sangat mendukung semua kegiatan yang bertujuan untuk menjaga dan membangun citra madrasah. Seperti saat ini, adalah tindakan yang tepat memilih jenis tanaman buah untuk ditanam di area Kampus 2 MAN Balikpapan.  Mengingat lokasi bangunan berada di lereng, maka diperlukan tanaman keras yang dapat berfungsi sebagai penopang tanah. Saat tanaman ini nanti tumbuh besar dan subur, selain akarnya dapat menahan tanah dan mencegah erosi, rindangnya pepohonan dapat membawa kesejukan, kemudian buahnya pun dapat dipetik untuk dinikmati warga madrasah,” ujar Sahri Romadi, Kamad MAN Balikpapan.

“Harapan kami,  kegiatan ini mampu menanamkan  rasa cinta pada lingkungan madrasah dari semua warga MAN Balikpapan. Insyaallah semua tanaman dapat tumbuh dengan baik, berguna untuk menjaga kontur tanah,  dan hasilnya pun dapat dinikmati,” tegas Mujafar  saat ditemui usai menanam pohon terakhir.(Len)

Humas MAN Balikpapan

08Sep2021
photo
MAN Balikpapan Melaksanakan Gladi Bersih AKM
55
06Sep2021
photo
Pandemi Tak Surutkan Siswa Meraih Prestasi
97
03Sep2021
photo
OSIS MAN Balikpapan Adakan Muharram Fair 1443 H
91
27Agu2021
photo
160 Siswa MAN Balikpapan Menerima Vaksinasi Pertama
78
25Agu2021
photo
INFO Muharram Fair MAN Balikpapan 1443 H
28
22Agu2021
photo
6 Siswa MAN Balikpapan Ikuti Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Kota Tahun 2021
78
20Agu2021
photo
Gerakan Berbagi MAN Balikpapan untuk Masyarakat Terdampak Covid 19
138
18Agu2021
photo
MAN Balikpapan Memperingati Upacara HUT RI Ke 76 Secara Terbatas
63