Guru MAN Balikpapan Ikuti Kegiatan Pendampingan Implementasi Kurikulum Merdeka
photo
FitriahKamis, 4 Agustus 2022 - 14:18

Balikpapan (Madrasah) – Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik.  

Terkait hal ini, kegiatan yang berlangsung pada hari Rabu, 3 Agustus 2022 pukul 14.00 WITA  s.d  Selesai, sebanyak 30 guru MAN Balikpapan serta beberapa mahasiswa yang sedang melakukan PPL turut melaksanakan mengikuti kegiatan Pendampingan Implementasi Kurikulum Merdeka. Kegiatan diawali  pembukaan oleh Ibu Arpiah, S.Pd. selaku pembawa acara dilanjutkan pembacaan doa yang dipimpin Bapak H. Mujibur Rohman, S. Pd, I. M.SI  kemudian sambutan dari arahan Kepala MAN Balikpapan Ibu Roihanun, BA, S.Pd.  dan perkenalan profil Dr. Salamia, M. Si sekaligus pemaparan materi IKM oleh narasumber Dr. Salamia, M. Si. 

“Pertemuan kita untuk memahamkan diri dari pelaksanaan kurikulum merdeka. Kurikulum Merdeka sudah kita laksanakan  tetapi semua masih dalam sebuah proses dimana beberapa narasumber yang kita pahami kita lihat dan kita dapati dari media sosial tetapi belum bisa memuaskan kita untuk paham kurikulum merdeka.” tutur Ibu Roihanun, BA, S. Pd. Dalam sambutannya.

“Meskipun kita  tau kurikulum merdeka ini baru kita lakukan di kelas sepuluh tetapi tidak menutup kemungkinan dikelas sebelas dan dua belas juga nanti kita akan melaksanakan dan ini kita tidak mungkin melakukan pemahaman separuh paruh. Ayo kita lakukan bersama-sama kita pahami bersama-sama diantara sekian kita memahamkan diri ayo kita saling bantu memahamkan termasuk juga mahasiswa PPL yang kebetulan mengajar di kelas sepuluh, seperti apa itu kurikulum merdeka, seperti apa yang harus kita lakukan di Madrasah Aliyah ini yang terkait pembelajaran siswa.” Lanjut Beliau.

Selain itu, pemaparan materi yang dipresentasikan melalui slide salah satunya berisi tentang Perangkat Pembelajaran yang harus dimiliki guru-guru pada kurikulum merdeka yakni; Capaian Pembelajaran ( CP), Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), Modul Ajar (MA), Buku Teks, Modul Projek (MP) Penguatan Pelajar Pancasila dan Pelajar Rahmatan Lil'alamin, Video Pembelajaran, dan lain-lain. 

Alhamdulillah Kegiatan Pendampingan Implementasi Kurikulum Merdeka dapat berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan apapun, semoga dengan adanya kegiatan tersebut akan menambah pemahaman para guru tentang kurikulum merdeka dan sangat berimbas kepada peserta didik. Amiin. (stfit).

Humas MAN Balikpapan

15Agu2022
photo
Pertemuan Komite Wali Siswa Kelas X, XI dan XII MAN Balikpapan Tahun Pelajaran 2022 2023
50
15Agu2022
photo
Siswa MAN Balikpapan Ikuti Study Tour Program Green Care School Pertamina
20
14Agu2022
photo
Siswa MAN Balikpapan Ikuti Pelaksanaan KSM Kompetisi Sains Madrasah Tahun 2022
26
12Agu2022
photo
MAN Balikpapan Ikuti Kegiatan Simulasi Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia AKMI 2022
33
11Agu2022
photo
Siswa MAN Balikpapan Mengikuti Simulasi KSM (Kompetisi Sains Madrasah) Tahun 2022
28
11Agu2022
photo
Siswa MAN Balikpapan Mengikuti Penyuluhan Napza, Kespro, Kesehatan Gigi dan Mulut oleh UPTD Puskesmas Prapatan
55
07Agu2022
photo
MAN Balikpapan Laksanakan Kegiatan Sabtu Sehat Bersama Kampus 1 Mekah dan Kampus 2 Madinah
109