Guru MAN Balikpapan sebagai Narasumber PKB pada Kegiatan MGMP
photo
NoorlenaMinggu, 27 Maret 2022 - 22:07

Balikpapan (Madrasah)  Majelis Guru Mata Pelajaran (MGMP) sebagai wadah kegiatan profesional para guru mata pelajaran dalam satu madrasah atau pun dari beberapa madrasah telah diakui sangat mampu sebagai sarana pengembangan keprofesionalan para guru juga mampu menjadi sarana  komunikasi dan silaturahmi para guru. 

Bertempat di MA Raadhiyatan Mardhiyah Putra pada Sabtu (26/3) kegiatan MGMP Tingkat Madrasah Aliyah ini dihadiri sebanyak 70 orang guru dari 7 Madrasah Aliyah baik negeri maupun swasta se-Kota Balikpapan. Dua orang pemateri dari MAN Balikpapan, Dra. Towilah (Guru Mapel Bahasa Inggris) dan Fitriah, S.Pd. (Guru Mapel Bahasa Indonesia) dihadirkan untuk mendiseminasikan hasil diklat yang sudah mereka ikuti beberapa waktu lalu. 

Pada  kegiatan MGMP ke-3 dalam tahun 2022 ini, kedua narasumber membawakan materi “Metodologi Pembelajaran untuk Menciptakan Proses Pembelajaran yang Menyenangkan bagi Siswa”.  

Dalam sambutannya Ketua MGMP Madrasah Aliyah Kota Balikpapan, Rudi Munanto, S.H., mengatakan bahwa guru merupakan motor penggerak dalam menerapkan metodologi pembelajaran kepada anak didik. Guru yang mengajar harus memahami dan mengerti tentang metodologi pembelajaran sehingga guru dapat benar-benar memberikan didikan dan pembelajaran pada siswa  sesuai dengan aturan yang berlaku terhadap kompetensi guru yang dimiliki dan kelak juga berimbas pada perkembangan dan peningkatan kompetensi peserta didik. 

“Guru mеmiliki pеran stratеgis pada bidang pеndidikan. Antara sistеm pеndidikan dan  kualitas guru sangat terkait erat. Posisi sеntral pendidik dalam kеbеrhasilan siswa, mеnuntut guru untuk tеrus mеningkatkan kompеtеnsinya sеsuai dеngan tuntutan pеrubahan zaman dan penerapannya  di dunia pеndidikan. Program pеmеrintah yang mеndorong pеningkatan kompеtеnsi guru sеcara berkelanjutan adalah Pеngеmbangan Kеprofеsian Bеrkеlanjutan (PKB), maka sudah tepat kiranya jika dalam wadah MGMP  ini hal-hal yang terkait peningkatan dan pengembangan kompetensi bagi guru dapat terus digali. Saling bertukar informasi seputar dunia pendidikan yang dapat menghadirkan inovasi-inovasi pada setiap perkembangan proses para peserta didik kita”, tukas Ustaz Hamimal Musthafa Rizki,S.T., Kepala MA Raadhiyatan Mardhiyah Putra.

Selanjutnya pada sesi pertama pemaparan materi,  Fitriah,S.Pd. mengusung  konsep MIKiR sebagai salah satu  pendekatan dalam proses pembelajaran aktif dan menyenangkan. MIKiR, adalah  akronim dari Mengalami, Interaksi, Komunikasi dan Refleksi. 

“Belajar akan lebih bermakna, jika peserta didik mengalami apa yang dipelajarinya pada dunia nyata. MIKiR merupakan langkah-langkah pembelajaran yang membuat siswa aktif mengikuti proses pembelajaran. Pendekatan ini diharapkan memampukan peserta didik untuk lebih kreatif, mampu berkolaborasi dalam tim, dan kritis selama pembelajaran berlangsung. Kemudian pada akhir pembelajaran diharapkan siswa memperoleh pengalaman belajar lebih bermakna yang diperoleh dan berlangsung secara alamiah dari pencarian siswa itu sendiri, bukan transfer dari guru”, jelas Fitriah lebih lanjut. 

Selanjutnya pada sesi kedua materi Metodologi Pembelajaran diisi oleh, Dra. Towilah yang menjelaskan bahwa metode pembelajaran merupakan alat untuk menciptakan proses pembelajaran pada anak didik, sehingga guru harus bisa  memilih metodologi yang tepat dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Pemilihannya pun harus disesuaikan dengan tuntutan dan karakteristik siswa. Pemilihan metode dan juga model pembelajaran  yang tepat oleh guru saat mengantarkan materi pelajaran dapat meningkatkan kreativitas dan pemahaman materi pada siswa . Dalam hal ini berarti guru yang mengajar sudah bisa menyesuaikan dengan jiwa anak didik selama proses pembelajaran. 

“Pilihlah model-model pembelajaran yang mampu mengajak siswa untuk menggali dan mengeksplorasi segenap kemampuan yang ada dalam dirinya. Pemilihan model pembelajaran pada materi pelajaran yang tepat akan membentuk pemikiran siswa bahwa belajar itu sebenarnya menyenangkan dan bisa saja mereka akan menemukan pengalaman baru dalam proses kegiatan belajar baik  di dalam kelas atau pun di luar kelas. Semua akan didapat karena proses belajar yang menyenangkan bahkan terkadang “amazing” bagi mereka. Dijamin hal ini dapat menjadi pengalaman dan bekal untuk kehidupan mereka di masa yang akan datang”, tutur Towilah pada akhir sesi. (Len)

Humas MAN Balikpapan

15Mei2022
photo
Guru MAN Balikpapan Mengikuti Kegiatan Pelatihan Teknis Keprotokolan
72
15Mei2022
photo
Kegiatan Wisuda ke XXX Siswa Siswi kelas XII MAN Balikpapan Tahun Pelajaran 2021 2022
127
12Mei2022
photo
MAN Balikpapan Adakan Halal Bi Halal Idul Fitri 1443 H
16
07Mei2022
photo
MAN Balikpapan Umumkan Hasil Kelulusan Kelas XII Secara Virtual Melalui Channel Youtube
110
28Apr2022
photo
Takjil On The Road Ramadhan MAN Balikpapan 1443 Hijriah
76
25Apr2022
photo
Siswa MAN Balikpapan Rebut Juara 2 dan 3 Lomba Puisi Tingkat Regional se Kalimantan Timur
97
25Apr2022
photo
Siswa MAN Balikpapan Terima Bantuan dari LAZ DPU Balikpapan
49
22Apr2022
photo
Keluarga MAN Balikpapan Adakan Kegiatan Launching Majelis Taklim, Musholla dan Perpustakaan
79