Kepala MAN Balikpapan Membuka Pelaksanaan Ujian Madrasah Secara Online
photo
Antung Sobri FattahSenin, 15 Maret 2021 - 12:31

Senin (15/03) - Pelaksanaan Ujian Madrasah  tahun ini berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya dengan ditiadakannya pelaksanaan Ujian Nasional berdasarkan SE Mendikbud Nomor 1 tahun 2021, serta dikeluarkannya SK Dirjen Pendais Nomor 752 Tahun 2021 tentang Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Madrasah Tahun Pelajaran 2020/2021, kepada satuan pendidikan dalam hal ini adalah madrasah untuk menyelenggarakan ujian pada akhir jenjang pendidikan untuk mengukur pencapaian standar kompetensi lulusan bagi peserta didiknya.  

Kepala MAN Balikpapan (15/3) Sahri Romadi, S.Pd. secara resmi membuka penyelenggaraan Ujian Madrasah  tahun ajaran 2020/2021 secara online melalui aplikasi CBT (computer based test) di portal manbpn.id. 

Penyelenggaraan UM dijadwalkan mulai Senin, 15 Maret 2021 s.d. Selasa 23 Maret 2021. Jumlah keluruhan peserta Ujian Madrasah Tahun Pelajaran 2020/2021 sebanyak 117 orang. Terdiri dari siswa kelas XII jurusan IPA  sebanyak  64 orang dan siswa kelas XII IPS sebanyak 53 orang. 

Penyelenggaraan Ujian Madrasah yang dilaksanakan selama 8 hari mendatang akan  mengujikan 16 mata pelajaran pada masing-masing jurusan. Setiap harinya akan diujikan dua mata pelajaran yang sudah terjadwal. Dalam hal pengawasan, masing-masing ruang ujian secara online akan diawasi  oleh 2 pengawas. Satu pengawas dari guru mata pelajaran dan satu pengawas murni dari mapel lain. Selama proses ujian berlangsung, pengawas dapat mengawasi jalannya ujian ini dengan leluasa dari rumah tanpa harus hadir di MAN Balikpapan. 

“Penyelenggaraan Ujian Madrasah (UM) yang dapat dikatakan sebagai pengganti Ujian Nasional jangan sampai mengurangi kualitas kompetensi kelulusan  siswa MAN Balikpapan pada tahun ajaran ini. Pelaksanaan pada hari pertama ujian (Senin,15/3) berjalan baik meskipun ada beberapa siswa yang terlambat masuk (login) ke aplikasi cbt.manbpn.id. Namun Alhamdulillah, selebihnya hingga pelaksanaan ujian mata pelajaran kedua hari ini semua berjalan dengan lancar. Diharapkan kehadiran para pengawas di madrasah saat pengawasan ujian berlangsung”, lanjut Kamad MAN Balikpapan, Sahri Romadi,S.Pd. 

Menurut Niswah Latief, S.Ag., Waka Kurikulum MAN Balikpapan, mengatakan bahwa pelaksanaan Ujian Madrasah tahun ini bertujuan untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik sesuai Standar Kompetensi Lulusan pada akhir jenjang pendidikan. Ujian Madrasah berfungsi sebagai: 1.  Indikator pencapaian kompetensi peserta didik  2. Umpan balik bagi madrasah untuk kepentingan perbaikan proses pembelajaran dan perbaikan mutu pendidikan di waktu berikutnya  3. Pemenuhan salah satu syarat penentuan kelulusan. Persiapan soal – soal yang diujikan juga telah melalui proses verifikasi dimulai pembuatan kisi-kisi, kartu soal  sampai menjadi butir soal yang siap diujikan. 

Antung SF, sebagai admin portal cbt.manbpn.id mengatakan alasan penggunaan aplikasi cbt manbpn dalam Ujian Madrasah tahun ini, karena; 1. Aplikasi ini sudah familiar digunakan oleh guru dan siswa, 2. Dalam aplikasi memiliki fitur pengawasan lebih dari satu guru, 3. Aplikasi akan mengunci akses soal saat siswa membuka browser lain atau menggunakan multiuser 4. Akses mudah dan cepat karena menggunakan hosting VPS. Namun demikian kestabilan traffic internet dari penyedia layanan ISP juga mempengaruhi lancarnya pelaksanaan ujian, serta kejujuran siswa saat mengerjakan ujian lebih diutamakan.

Editor : Noorlena

02Mei2021
photo
Khatam Al Qur’an Hingga Takjil On The Road MAN Balikpapan
178
26Apr2021
photo
MAN Balikpapan Menjadi Tuan Rumah Rakor Realisaasi Anggaran 2021
143
21Apr2021
photo
MAN Balikpapan Gelar Pesantren Ramadhan Online
63
09Apr2021
photo
Gaung Literasi Bergema di MAN Balikpapan Melalui Karya Siswa
39
02Apr2021
photo
Penandatanganan Pakta Integritas Tahun 2021
108
27Mar2021
photo
MAN Balikpapan Menjadi Pilot Project Pembangunan ZI Tahun 2021
155
18Mar2021
photo
Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Kaltim dan Kepala Kantor Kemenag Kota Balikpapan Laksanakan Monitoring Ujian Madrasah 2021 di MAN Balikpapan
188