Khatam Al Qur’an Hingga Takjil On The Road MAN Balikpapan
photo
NoorlenaMinggu, 2 Mei 2021 - 16:34

Balikpapan (MAN)_ Ramadhan bulan penuh ampunan dan keberkahan. Bulan di mana kita mampu meng-upgrade kualitas dan kuantitas ibadah untuk mengharap ridho Allah swt. 

Untuk menggapai  kemuliaan dan keberkahan bulan ini maka  OSIS MAN Balikpapan menggagas  kegiatan  khatam Al Qur’an,  Takjil On The Road MAN Balikpapan,  dan iftar di madrasah dengan jumlah peserta terbatas. 

Rangkaian Ramadhan Berkah (14-15 Ramadhan 1442 H) diawali dengan kegiatan Khatam Al Qur’an. Selepas salat Zuhur bertempat di MAN Balikpapan sebanyak 30 siswa dari perwakilan OSIS dan perwakilan kelompok ekstrakurikuler mulai  melantunkan ayat-ayat suci Al Qur’an didampingi Pembina OSIS Muhammad Idris, S.Pd..

“Kegiatan seperti ini sebenarnya memberi kesempatan pada kami untuk bisa mengkhatamkan Al Qur’an bareng dengan teman-teman. Kalau terus berada di rumah, pasti sulit  melakukannya, karena banyak godaannya.  Bukankah ibadah itu harus dipaksa? Berangkat dari inilah kami melaksanakan rangkaian kegiatan positif di bulan Ramadhan ini dengan niat untuk menambah nilai pahala di sisi Allah subhanahu wata’ala dan memperoleh keberkahan dariNya,” tutur Dewi selaku Ketua OSIS MAN Balikpapan.

“Momen yang baik seperti sore ini adalah kesempatan bagi siswa untuk melatih empatinya. Perlahan namun pasti kegiatan-kegiatan seperti ini akan memupuk rasa kebersamaan dan kepedulian antarteman serta orang-orang di sekitar mereka. Membangun rasa solidaritas untuk bangkit bersama dari kesulitan di masa pandemi seperti saat ini. Dana  kegiatan Takjil On The Road ini berasal dari  kas keagamaan siswa dan sumbangan dari para guru serta tenaga kependidikan. Tak ada paksaan, semua atas dasar ibadah semata,” jelas M. Idris  saat ditemui di lokasi Takjil On The Road MAN Balikpapan.

Takjil On The Road MAN Balikpapan (30/4)  memilih lokasi di Simpang Plaza Balikpapan. Aparat kepolisian yang bertugas hari itu sangat  membantu kelancaran pendistribusian takjil dari para siswa yang dibantu beberapa guru. 

Dalam kesempatan yang sama Kamad MAN Balikpapan, Sahri Romadi, mengatakan bahwa beliau sangat mengapresiasi gagasan  OSIS dan gabungan ekstrakurikuler MAN Balikpapan. “Mereka yang masih belia sudah memiliki gagasan mulia untuk berbagi. Melatih kepekaan jiwa sosial terhadap masyarakat Balikpapan. Dalam waktu kurang dari 20 menit, 450 kotak habis dibagikan pada para pengguna jalan ini. Alhamdulillah, semoga semuanya menjadi berkah bersama,” katanya lebih lanjut.

Usai melakukan kegiatan ini siswa kembali ke madrasah untuk melakukan buka puasa bersama. Kegiatan ini pun berlangsung dengan baik dan tetap  menerapkan protokol kesehatan . Alhamdulillah, semua rangkaian  kegiatan dapat berjalan tertib dan lancar. (Ln)

(Tim Humas MAN Balikpapan)

  

26Apr2021
photo
MAN Balikpapan Menjadi Tuan Rumah Rakor Realisaasi Anggaran 2021
142
21Apr2021
photo
MAN Balikpapan Gelar Pesantren Ramadhan Online
63
09Apr2021
photo
Gaung Literasi Bergema di MAN Balikpapan Melalui Karya Siswa
39
02Apr2021
photo
Penandatanganan Pakta Integritas Tahun 2021
108
27Mar2021
photo
MAN Balikpapan Menjadi Pilot Project Pembangunan ZI Tahun 2021
155
18Mar2021
photo
Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Kaltim dan Kepala Kantor Kemenag Kota Balikpapan Laksanakan Monitoring Ujian Madrasah 2021 di MAN Balikpapan
188
15Mar2021
photo
Kepala MAN Balikpapan Membuka Pelaksanaan Ujian Madrasah Secara Online
104