MAN Balikpapan Ikuti Kegiatan Penilaian Lomba Sekolah Sehat
photo
FitriahMinggu, 29 Mei 2022 - 15:37

Balikpapan (Madrasah) - Kegiatan penilaian sekolah sehat yang dilakukan  di MAN Balikpapan pada Sabtu (28/05/2022) siang ini berjalan cukup lancar. Perwakilan masing-masing dari Dinas Pendidikan, Kementerian Agama, Puskesmas, Pemkot, dan Dinas Kesehatan Kota Balikpapan yang berjumlah 12 orang memasuki kawasan MAN Balikpapan Jl. Prapatan No. 10 sekitar pukul 11.13 WITA disambut langsung oleh Pembina UKS dan Tim UKS MAN Balikpapan. Perwakilan tersebut langsung menyebar ke titik-titik yang menjadi penilaian mereka, mulai dari UKS sekolah, tempat cuci tangan(wastafel), toilet sekolah, perpustakaan, suasana tiap kelas, dan lingkungan sekitar. Namun, dikarenakan kantin sekolah belum dibuka karena masih dalam suasana Pandemi Covid-19 jadi penilaian terhadap kantin ditiadakan.

Selanjutnya,  para tamu tim penilai  beserta pembina UKS dan para guru yang termasuk dalam tim UKS sendiri  mengadakan rapat singkat untuk membahas kegiatan yang telah dilaksanakan serta langkah-langkah yang dapat diambil kedepannya. Para perwakilan penilai tersebut sayangnya tidak bisa berlama-lama dikarenakan mereka akan melakukan penilaian ke sekolah lainnya. Beruntungnya kami dari pihak tim Jurnalistik berkesempatan untuk mewawancarai salah satu tamu dari perwakilan DKK Balikpapan yaitu dr. Rusnah Azizah Aziz yang didampingi oleh Bapak Iskandar Nur selaku Sekcam Balikpapan Kota.

Beliau memaparkan tujuan dilaksanakannya penilaian UKS sehat “Untuk memberikan rewards kepada sekolah yang kami rasa pelaksanaan UKS yang terbaik. Namun, bukan itu tujuan utamanya. Tujuan utama UKS Pendidikan adalah pendidikan seluruh warga sekolah baik dari guru, peserta didik termasuk kantinnya, cleaning service maupun satpamnya. Agar semua pihak yang terlibat dalam lingkungan sekolah,  berperilaku sekolah sehat.” Jelasnya.

Lantas bagaimana dengan kreteria penilaiannya? Untuk memberi masukan yang sesuai dengan standar dari Kementrian Kesehatan Sekolah UKS itu seperti apa,” lanjutnya.

Harapan saya ke depannya “UKS dilaksanakan oleh semua warga sekolah. Jadi, kita tidak bertumpu untuk lomba. Kegiatan ini dilakukan agar warga sekolah paham mengenai upaya kesehatan sekolah,” tambahnya lagi.

“Alhamdulillah, kegiatan penilaian sekolah sehat berjalan dengan lancar. Terima kasih untuk teman-teman guru yang telah banyak membantu kegiatan tersebut. InshaAllah hasilnya akan baik pula. Amiin.” tutur Ibu Siti Akbari, S.Pd selaku Pembina UKS MAN Balikpapan.

Roihanun, BA,. S.Pd selaku Kepala MAN Balikpapan turut mengungkapkan perasaan leganya pula “Terima kasih kepada Ibu Siti Akbari, S.Pd dan Guru-guru yang telah terlibat kelancaran kegiatan penilaian sekolah sehat. Kerjasama yang baik, InshaAllah membawa keberkahan bagi MAN Balikpapan. Amiin.” tandasnya.

Kita sebagai warga sekolah memiliki kewajiban untuk membangun sekolah bersama, bukan hanya tugas dari pihak yang terkait saja. Semoga ke depannya MAN Balikpapan bisa semakin berkembang dan unggul dalam penilaian sekolah sehat, Aamiin Ya Rabbal `Alamin. (sitfit-dhni)

Humas MAN Balikpapan

20Jun2022
photo
MAN Balikpapan Laksanakan PPDB Tahun Ajaran 2022 2023
211
17Jun2022
photo
Guru MAN Balikpapan Ikuti Kegiatan Pelatihan Guru UKS di UPDT Puskesmas Prapatan Tahun 2022
180
16Jun2022
photo
Azizah Salsabila Ramadhani Siswa MAN Balikpapan Raih Lagi Prestasi KEJURCAP INKAI Se Balikpapan
149
15Jun2022
photo
M Fajar Maulana Siswa MAN Balikpapan Raih Prestasi di OSN Bidang Ekonomi Tingkat Kota Tahun 2022
163
15Jun2022
photo
Siswa MAN Balikpapan Torehkan Prestasi di kompetisi Indonesia Student Geography Competition Liga Olimpiade 2022
165
15Jun2022
photo
Guru dan Tenaga Kependidikan MAN Balikpapan Ikuti Kegiatan Pendampingan Implementasi Kurikulum Merdeka Tahun 2022
151
14Jun2022
photo
Kamad MAN Balikpapan Ikuti Kegiatan Bimtek Sistem Akuntabilitas Kinerja Intansi Pemerintah (SAKIP)
41
14Jun2022
photo
MAN Balikpapan Kampus 2 Madinah Kilo 8.5 Adakan Kegiatan Kerja Bakti Masal
78