MAN Balikpapan Ikuti Kegiatan Simulasi Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia AKMI 2022
photo
FitriahJumat, 12 Agustus 2022 - 08:51

Balikpapan (Madrasah)  – MAN Balikpapan mengikuti Simulasi Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia yang dilaksanakan oleh siswa-siswi kelas XI MAN Balikpapan baik jurusan IPA maupun IPS. Kegiatan ini dilaksanakan di ruang kelas masing-masing peserta baik di kampus satu Mekah Prapatan MAN Balikpapan maupun kampus dua Madinah  KM 8,5 MAN Balikpapan.

Simulasi Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia dilakukan selama dua hari yaitu Rabu 10 Agustus sd Kamis, 11 Agustus 2022, dimulai pada pukul 08.00 WITA pada hari pertama  simulasi literasi membaca terdiri dari beberapa soal yang berbeda  setiap siswa dengan batas waktu mengerjakan adalah 25 menit per sesi. Lalu, dilanjutkan dengan simulasi literasi numerasi dengan teknisi yang sama dengan simulasi literasi membaca. Berakhir pada pukul 11.00 WITA, simulasi Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia pun usai dilaksanakan dan dilanjut dengan kegiatan belajar mengajar seperti biasa. Turut hadir memonitoring secara langsung ke kelas-kelas pada saat berlangsung Simulasi Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia di Kampus 1 Mekah Prapatan  Bapak H.A.Johan MRPM., S.Ag., M.M., selaku Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Balikpapan disambut dan didampingi langsung oleh Kepala MAN Balikpapan Ibu Roihanun, S.Pd.

Hari kedua simulasi Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia, bertepatan pada tanggal 11 Agustus 2022, dimulai dan diakhiri dengan waktu yang sama pada hari pertama. Untuk simulasi di hari kedua, penjabaran kompetensi adalah literasi sains, literasi sosial budaya, dan profil keunggulan dengan teknisi waktu yang sama dengan hari sebelumnya. Hadir memonitoring secara langsung ke kelas-kelas pada saat Simulasi Asesmen kompetensi Madrasah Indonesia di kampus 2 Madinah Kilo 8.5 Padat Karya Ibu Sinta Ningsih , SEI selaku Kasi Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Kota Balikpapan masih secara langsung didampingi langsung kepala MAN Balikpapan Ibu Roihanun, S.Pd. 

Adapun tujuan dilaksanakan Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia yakni untuk mengukur dan melatih kopetensi siswa  dalam hal memahami soal yang berbentuk soal literasi membaca, literasi numerik , sains dan sosial budaya.

Tim jurnalistik mewawancarai secara langsung  Ibu Arpiah, S.Pd selaku Waka Kurikulum MAN Balikpapan, terkait kendala saat proses berlangsungnya AKMI, “Kendala yang ditemui saat pelaksanaan secara teknis dapat diatasi semua, hanya ada dua siswa yang kesulitan melanjutkan penyelesaian soal hingga selesai. Selain itu kegiatan simulasi dilaksanakan sebagai pemetaan bagaimana kesiapan aplikasi saat digunakan tentu ada plus minusnya. Semoga kedepannya akan ada perbaikan.” papar Ibu Arpiah, S.Pd. 

“Alhamdulillah simulasi AKMI (Asesemen Kompetensi Madrasah Indonesia) yang diadakan di MAN Balikpapan dapat berjalan dengan lancar tanpa kendala yang berarti, semoga ke depannya juga lancar kegiatan AKMI tersebut. Terima kasih kepada Ibu/Bapak Guru yang telah membantu dalam kegiatan tersebut.” pungkas Ibu Roihanun, S.Pd selaku Kepala MAN Balikpapan.

“Lebih rajin membaca agar membuka wawasan.” ungkap lebih lanjut atas saran dan masukan kepada siswa yang menjalani simulasi. (sfit-nyla)

Humas MAN Balikpapan

05Okt2022
photo
MAN Balikpapan Turut Berpartisipasi pada PORSENI KEMENAG KALTIM CUP 2022
1
05Okt2022
photo
Validasi Perangkat Pembelajaran Guru MAN Balikpapan 2022
0
05Okt2022
photo
Revalina Putri dan Khaliilah Aufa Sabet Prestasi Akademik Nasional Sosiologi
2
24Sep2022
photo
MAN Ikuti Kegiatan BRUS dari KUA Kota Balikpapan
5
24Sep2022
photo
Green Generation Award Tahun 2022 Kunjungi MAN Balikpapan
6
21Sep2022
photo
Tim Jurnalistik Untuk MAN Balikpapan
10
15Sep2022
photo
Ekskul GG MAN Balikpapan Adakan Program Pengumpulan Minyak Jelantah untuk Menyelamatkan dan Melestarikan Bumi
17
15Sep2022
photo
Estrakurikuler Mading Sebagai Wadah Pengembangan Bakat Siswa MAN Balikpapan
13