MAN Balikpapan Mengikuti Bimbingan Teknis Penyusunan Kisi kisi dan Soal di Aula Kantor Kementerian Agama Kota Balikpapan.
photo
NoorlenaKamis, 4 Maret 2021 - 17:23

Balikpapan (MAN) — Kamis (4/3) Awal bulan Maret para guru MAN Balikpapan kembali mendapat kesempatan emas untuk memperoleh kompetensi bagi para guru agar mampu memenuhi satu dari delapan standar yang telah ditetapkan oleh BSNP, Standar Penilaian,  melalui Bimtek Penyusunan Kisi-kisi dan Soal untuk tingkat Madrasah Aliyah baik negeri maupun swasta. Tidak tanggung-tanggung, seluruh guru MAN Balikpapan disertakan dalam kegiatan ini. 

Dalam laporannya Ketua MGMP Tingkat MA, Andrian,,M.S.I.mengatakan bahwa terdapat 7 madrasah tingkat Madrasah Aliyah negeri/swasta yang mengikuti  Bimtek Penyusunan Kisi-kisi dan Soal ini.  Bimtek dilaksanakan selama empat hari di dua tempat  serta jadwal yang berbeda. Jadwal ke-1 berlangsung pada Senin-Selasa,1 s.d. 2 Maret 2021 bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama Kota Balikpapan dan Jadwal  ke-2 dilaksanakan di Aula MIN 1 Balikpapan pada hari Rabu-Kamis, tanggal 3 s.d. 4. Masing-masing  jadwal bimtek dihadiri sebanyak 30 orang guru yang ditugaskan oleh masing-masing madrasah untuk mengikuti kegiatan ini. Guru-guru tersebut sebagai pengampu  mata pelajaran PAI, Bahasa Arab dan mata pelajaran umum lainnya.  Kegiatan bimtek ini  diselenggarakan Kantor Kementerian Agama Kota Balikpapan bekerja sama dengan MGMP Tingkat MA Kota Balikpapan. 

“Dalam Bimtek ini para guru mendapat bimbingan langsung dari dua  instruktur yang ditunjuk langsung oleh Kementerian Agama Kota Balikpapan sebagai penyampai materi bimtek, yaitu Ibu Niswah Latif, S.Pd. dan Pak Antung Sobri Fattah, S.Ag, keduanya berasal dari MAN Balikpapan,” ujar Adrian selanjutnya.

Kegiatan bimtek Jadwal 1 di Aula Kantor Kementrian Agama Kota Balikpapan dibuka oleh Plt. Kantor Kementerian Agama Kota Balikpapan Dr.H.Sartono,M.M.  Dalam sambutannya beliau berpesan sekaligus berharap bahwa setelah bimtek ini selesai para guru dari Madrasah Aliyah baik negeri maupun swasta  mampu menghasilkan kisi-kisi dan soal yang standar baik. Memiliki Validitas artinya ketepatan interpretasi hasil prosedur pengukuran, reliabilitas artinya konsistensi hasil pengukuran, dan usabilitas artinya praktis prosedurnya.  Berbagai informasi dan ilmu yang didapat selama mengikuti bimtek adalah sebagai pedoman dan modal untuk menyusun soal-soal pada kegiatan penilaian di Madrasah. Mulai dari Penilaian Harian, Penilaian Akhir Semester, Penilaian Akhir Tahun, hingga penyelengaraan   Ujian Madrasah (UM) Tahun Pelajaran 2020/2021 yang akan berlangsung dlam waktu dekat.

“Hindari kesalahan dalam menulis soal. Soal yang disusun harus jelas. Terdapat materi yang memang pernah diajarkan dan ditulis pencapaiannya pada indikator soal tersebut . Masing-masig soal harus ada jawabannya yang benar. Hal yang paling utama adalah jangan sampai ada guru yang membocorkan soal tersebut,” pesan Beliau. “Untuk kegiatan ini, Kemenag Kota Balikpapan akan menyiapkan sertifikat bagi para peserta yang mengikuti kegiatan bimtek ini hingga selesai,” lanjut Beliau.

Kegiatan bimtek dilanjutkan setelah acara pembukaan usai tepat pukul 09.00 Wita. Pemyampaian materi bimtek secara bergantian disampaikan oleh kedua narasumber. Setelah dirasa cukup  medapatkan teori menyusun kisi-kisi dan soal, maka para peserta bimtek diberi tugas untuk menyusun kisi-kisi dan kartu soal sesuai dengan tata cara penyusunan kisi-kisi dan kartu soal yang baru saja disampaikan oleh narasumber. Selanjutnya perwakilan dari masing-masing bidang studi diminta untuk mempresentasikan  tugas di depan peserta bimtek yang lain. Kali ini MAN diwakili antara lain  oleh Ibu Noorlena,S.Pd. untuk Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Ibu Istavida, M.Pd. pada Mata pelajaran Fikih, Ibu Dra. Towilah pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris,  Ibu Mutia Pratiwi pada Mata Pelajaran Matematika, Bapak Mujafar Husen, M.Pd. untuk Mata Pelajaran Geografi, Ibu Marina,S.Pd. pada mata pelajaran Sejarah Indonesia, dan Ibu Alif Rohmawati,S.Pd. pada mata pelajaran Fisika, 

Kegiatan ditutup tepat pada hari kedua pelaksanaan di masing-masing lokasi bimtek sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Dalam acara penutupan ini diwakili Pengawas Madrasah Nanik Mutiani, S.Pd. dan Drs. H. Syamsul Huda yang memberikan pesan dan kesannya tentang pelaksanaan bimtek yang baru saja selesai sekaligus sebagai pejabat yang menutup acara Bimtek Penyusunan Kisi-kisi dan Soal untuk tingkat Madrasah Aliyah se-Kota Balikpapan.

Banyak pengalaman baru yang tersampaikan melalui kritik dan masukan dari narasumber dan sejumlah peserta bimtek saat sesi presentasi ini. Semangat untuk meningkatkan kompetensi diri dalam proses penilaian ini terlihat jelas saat ada peserta yang mempresentasikan tugas yang diberikan segera mendapat umpan balik positif dari para narsum dan peserta bimtek lainnya baik itu dari sisi sistematika penulisan soal berikut kaidah kebahasaannya.  Modal tambahan inilah yang nantinya juga berperan penting bagi para peserta bimtek saat menyusun kisi-kisi dan soal dengan standar baik, jika sudah kembali ke madrasah masing-masing. (Ln)

 

02Mei2021
photo
Khatam Al Qur’an Hingga Takjil On The Road MAN Balikpapan
177
26Apr2021
photo
MAN Balikpapan Menjadi Tuan Rumah Rakor Realisaasi Anggaran 2021
142
21Apr2021
photo
MAN Balikpapan Gelar Pesantren Ramadhan Online
62
09Apr2021
photo
Gaung Literasi Bergema di MAN Balikpapan Melalui Karya Siswa
39
02Apr2021
photo
Penandatanganan Pakta Integritas Tahun 2021
108
27Mar2021
photo
MAN Balikpapan Menjadi Pilot Project Pembangunan ZI Tahun 2021
154
18Mar2021
photo
Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Kaltim dan Kepala Kantor Kemenag Kota Balikpapan Laksanakan Monitoring Ujian Madrasah 2021 di MAN Balikpapan
188
15Mar2021
photo
Kepala MAN Balikpapan Membuka Pelaksanaan Ujian Madrasah Secara Online
104