MAN Balikpapan Menjadi Pilot Project Pembangunan ZI Tahun 2021
photo
NoorlenaSabtu, 27 Maret 2021 - 20:14

Balikpapan (Madrasah) — Jumat (26/3)  Berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 15 Tahun 2021 tercatat ada 159 madrasah di Indonesia yang menjadi  Pilot Project Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi Dan Wilayah Birokrasi Bersih Dan Melayani Pada Tahun 2021. Di Kalimantan Timur sendiri telah ditetapkan 3 satuan kerja yang semuanya berasal dari lingkungan pendidikan. Satker tersebut adalah  MAN 2 Samarinda, MAN Balikpapan, dan MAN 1 Samarinda. 

Zona Integritas (ZI) adalah predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) / Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) adalah predikat yang diberikan kepada suatu unit kerja yang memenuhi sebagian besar manajemen perubahan, penataan tatalaksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan pengawasan, dan penguatan akuntabilitas kinerja.

Untuk mewujudkan pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi dan wilayah birokrasi bersih dan melayani pada MAN Balikpapan pada Tahun 2021 ini maka sebanyak 32 guru dan  karyawan MAN Balikpapan  menerima Sosialisasi tentang Zona Integritas (ZI) dari Kepala MAN Balikpapan Sahri Romadi,S.Pd. dan Kepala Urusan Tata Usaha, Rosyidah Noor,S.E.I.  Hal ini dimaksudkan sebagai langkah awal pelaksanaan ZI di MAN Balikpapan. 

Setelah pelaksanaan sosialisasi, kegiatan dilanjutan dengan menggerakkan kelompok kerja eviden ZI MAN Balikpapan menuju Zona Integritas-WBK dalam rapat kerja. Kelompok kerja  yang diketuai Rosyidah Noor,S.E.I. sebelum raker dilaksanakan memang  telah disusun. Sehingga saat raker berlangsung masing-masing guru/karyawan yang telah ditunjuk  dapat lebih awal mengetahui tugas dan tanggungjawab yang diberikan pada kelompok mereka. Pembagian penanggung jawab instrument setiap bidang ini dilakukan agar tidak terjadi  tumpang tindih informasi dan   tugas  dari masing-msing   Kelompok  Kerja (Pokja) yang ke depannya nanti akan melaksanakan tugas-tugas sesuai tupoksi yang telah ditetapkan dalam surat keputusan yang ditandatangani oleh kepala madrasah.

Tugas-tugas yang akan dilaksanakan oleh kelompok kerja sebagai wujud tanggung jawab satker yang sudah ditunjuk sebagai pilot project Zona Integritas antara lain adalah :

1.Mengoptimalkan akseleasi pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani;

2.Melakukan Penilaian Mandiri pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani;.

3.Melaporkan setiap perkembangan dan kendala yang dihadapi dalam pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani kepada Direktorat Jenderal Pendidikan Islam.

Kepala MAN Balikpapan menuturkan bahwa meskipun dalam waktu yang sangat terbatas kelompok kerja ZI MAN Balikpapan harus senantiasa mampu membangun kekompakan, menguatkan kerjasama tim serta  saling bantu membantu. Diharapkan dengan hal-hal yang mampu mewujudkan  kesolidan tim seperti itu,  MAN Balikpapan  mampu mencapai hasil yang maksimal untuk menyiapkan eviden instrument Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. (Ln)

 

02Mei2021
photo
Khatam Al Qur’an Hingga Takjil On The Road MAN Balikpapan
177
26Apr2021
photo
MAN Balikpapan Menjadi Tuan Rumah Rakor Realisaasi Anggaran 2021
142
21Apr2021
photo
MAN Balikpapan Gelar Pesantren Ramadhan Online
62
09Apr2021
photo
Gaung Literasi Bergema di MAN Balikpapan Melalui Karya Siswa
39
02Apr2021
photo
Penandatanganan Pakta Integritas Tahun 2021
108
18Mar2021
photo
Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Kaltim dan Kepala Kantor Kemenag Kota Balikpapan Laksanakan Monitoring Ujian Madrasah 2021 di MAN Balikpapan
188
15Mar2021
photo
Kepala MAN Balikpapan Membuka Pelaksanaan Ujian Madrasah Secara Online
104