MAN Balikpapan Sukses Mengikuti ANBK Tahun 2021
photo
Antung Sobri FattahSelasa, 28 September 2021 - 20:09

Balikpapan (MAN) – Selama dua hari (27-28 September 2021) MAN Balikpapan menyelenggarakan ANBK (Asesmen Nasional Berbasis Komputer). Sebanyak 45 peserta dari  kelas XI ditempatkan pada 2 ruang ujian yang masing-masing terbagi menjadi 2 sesi. Pelaksanaan  rangkaian penyelenggaraan ANBK 2021 dengan melalui tiga subtes. Subtes pertama dan kedua berlangsung selama 90 menit, sedangkan subtes terakhir berlangsung selama 20 menit. 

Asesmen Nasional perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Asesmen ini dirancang untuk menghasilkan informasi akurat untuk memperbaiki kualitas belajar-mengajar, yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar murid. Asesmen Nasional bertujuan untuk menunjukkan apa yang seharusnya menjadi tujuan utama sekolah, yakni pengembangan kompetensi dan karakter murid. Asesmen Nasional juga memberi gambaran tentang karakteristik esensial sebuah sekolah yang efektif untuk mencapai tujuan utama tersebut.

Antung S Fattah, protek ANBK MAN Balikpapan,  menjelaskan bahwa Sistem Aplikasi  ANBK 2021 memiliki proteksi yang berbeda dari tahun sebelumnya, maka menjadi suatu kewajaran  jika ternyata ada terjadi  kendala saat persiapan dan prosesnya. Akses jaringan internet dan spesifikasi unit komputer menjadi hal utama yang harus diperhatikan sebelum ANBK dilaksanakan. Ternyata hingga penyelenggaraan berakhir hari ini (28/9)  dua hal yang tadinya dikhawatirkan tidak pernah terjadi. Siswa dapat mengakses setiap soal dengan baik. 

“Sesuai yang diamanatkan dari Pusat Asesmen dan Pembelajaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bahwa Asesmen Nasional ini  diharapkan dapat mendorong satuan pendidikan dan Dinas Pendidikan untuk memfokuskan sumber daya pada perbaikan mutu pembelajaran,” tutur Waka Kurikulum sekaligus Koordinator ANBK MAN Balikpapan, Nurul Asmiaty.

“Pada penyelenggaraaan ANBK 2021 ini, MAN Balikpapan menyertakan 45 orang siswa sebagai peserta wajib dan 5 orang siswa sebagai  peserta cadangan. Semua peserta  dipilih secara acak oleh Pemerintah,” lanjutnya

“ Asesmen Nasional merupakan cara untuk memotret dan memetakan mutu sekolah dan sistem pendidikan secara keseluruhan. Karena itu, tidak semua murid perlu menjadi peserta dalam Asesmen Nasional. Yang diperlukan adalah informasi dari sampel yang mewakili populasi murid di setiap sekolah pada jenjang kelas yang menjadi target dari Asesmen Nasional. Alhamdulilah pelaksanaan  ANBK di MAN Balikpapan dapat terlaksana dengan baik dan lancar karena dukungan dan kerjasama yang baik dari semua pihak yang terkait hingga penyelenggaraan ANBK 2021 dapat berjalan baik hingga  hari ini,” tukas Kepala MAN Balikpapan, Sahri Romadi. (Tim)

Humas MAN Balikpapan

 

18Okt2021
photo
Sosialisasi Pembelajaran Tatap Muka MAN Balikpapan
53
09Okt2021
photo
Siswa Terpilih MAN Balikpapan Ikuti Pelatihan Dasar Kepemimpinan
38
08Okt2021
photo
Pramuka MAN Balikpapan Melaksanakan Pelantikan Bantara Tahun 2021
41
28Sep2021
photo
Siswa MAN Balikpapan Kembali Terima Vaksinasi Dosis Kedua
54
20Sep2021
photo
6 Siswa MAN Balikpapan Kembali Bertarung Pada Ajang KSM Provinsi Tahun 2021
85
08Sep2021
photo
MAN Balikpapan Melaksanakan Gladi Bersih AKM
75
06Sep2021
photo
Pandemi Tak Surutkan Siswa Meraih Prestasi
113