Pembukaan dan Kegiatan MAN Boarding School Kilometer 8,5 Balikpapan
photo
FitriahKamis, 15 September 2022 - 11:19

Balikpapan (Madrasah) - MAN Boarding School adalah asrama agama yang terletak di Jalan Padat Karya No.Km 8, Batu Ampar, Kecamatan Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. MAN Boarding School pertama kali di buka pada Juni 2018 silam. Alasan di bangunnya MAN Boarding School adalah mengingat animo dari masyarakat agar adanya sekolah negri yang berbasis "pondok". Namun untuk saat ini hanya tersedia untuk akhwat (putri) dulu di karenakan adanya keterbatasan  asrama dan fasilitas yang tersedia.

Mengenai fasilitas yang di sediakan gedung MAN Balikpapan di antaranya kamar tidur, dapur, kamar mandi, tempat wudhu dan lain-lain. Setiap kamar terdapat fasilitas tempat tidur, lemari, kipas angin dan meja.

Adapun yang mengoordinasikan/mengatur siswa MAN Balikpapan yaitu Kepala Asrama Dra. Hj. Towilah lalu ada Ibu Istavida, M. Ag. sebagai salah satu pembimbing dalam kegiatan keagamaan di asrama dan di bantu oleh waka-waka, yang mengoordinasikan semua guru MAN Balikpapan, begitu juga kegiatan-kegiatan yang terdapat di dalamnya.

Kegiatan-kegiatan pembelajaran yang di lakukan oleh siswi asrama boarding school  diantaranya: 1. Adanya pembiasaan keagamaan, yaitu salat berjemaah seperti salat tahajud, salat dhuha. 2. Pendalaman kajian-kajian kitab, kitabnya di sesuaikan yang dibutuhkan, yang dibimbing oleh Bapak Antung Sobri Fattah, S. Ag. Bapak H. Mujibur Rohman, S. Pd,I dan Ibu Istavida, M. Ag. yang mengisi kegiatan-kegiatan keagamaan. 3. Pembiasaan sikap agar terbentuknya akhlak-akhlak yang baik sebagai manusia yang beradab dan berilmu 4. Pembiasaan dalam peningkatan akademik, contohnya adalah riset, yaitu karya tulis ilmiah, karena MAN Balikapapan ini ditetapkan sebagai madrasah riset. 5. Tahfidz diharapkan para siswa bisa lulus dengan membawa hafalan minimal 5 juz.

Selain kegiatan-kegiatan tadi, di dalam MAN Boarding School terdapat peraturan-peraturan yang harus di laksanakan oleh siswi-siswi asrama adalah umumnya seperti penggunaan smart phone cukup terbatas hanya di beberapa waktu tertentu saja siswi boleh mempergunakan  smart phone dan jikalau ada pemberitahuan biasanya di sampaikan oleh pembina asrama. Wali siswi dapat mengunjungi siswi selama dua kali seminggu dan pada pukul 20.00 WITA siswi boarding di harapkan dapat masuk ke kamar tidur dan segera beristirahat di karenakan ada kegiatan malam melakukan sholat tahajud. 

“Semoga apa yang menjadi program dan peraturan asrama dapat dijalankan dan ditaati dengan baik oleh warga asrama.” tandas Ibu Roihanun, S.Pd selaku Kepala MAN Balikpapan. (tim-j)

Humas MAN Balikpapan

05Okt2022
photo
MAN Balikpapan Turut Berpartisipasi pada PORSENI KEMENAG KALTIM CUP 2022
1
05Okt2022
photo
Validasi Perangkat Pembelajaran Guru MAN Balikpapan 2022
0
05Okt2022
photo
Revalina Putri dan Khaliilah Aufa Sabet Prestasi Akademik Nasional Sosiologi
2
24Sep2022
photo
MAN Ikuti Kegiatan BRUS dari KUA Kota Balikpapan
5
24Sep2022
photo
Green Generation Award Tahun 2022 Kunjungi MAN Balikpapan
5
21Sep2022
photo
Tim Jurnalistik Untuk MAN Balikpapan
9
15Sep2022
photo
Ekskul GG MAN Balikpapan Adakan Program Pengumpulan Minyak Jelantah untuk Menyelamatkan dan Melestarikan Bumi
16
15Sep2022
photo
Estrakurikuler Mading Sebagai Wadah Pengembangan Bakat Siswa MAN Balikpapan
13