Pengawas Madrasah Validasi Buku Kerja 1.2.3 Guru MAN Balikpapan
photo
Antung Sobri FattahRabu, 10 Maret 2021 - 07:01

Balikpapan (madrasah) – Bertempat di Madrasah Aliyah Negeri Balikpapan pada tanggal 9 Maret 2021 Pengawas tingkat MA Kota Kementerian Agama Kota Balikpapan  mengadakan kegiatan validasi perangkat pembelajaran pada semester genap Tahun Ajaran 2020-2021 yang dipimpin langsung oleh Ibu Nanik Mutiani, M.Pd  dan  didampingi Waka Kurikulum MAN Balikpapan ibu Niswah Latif, S.Ag.

Kegiatan validasi ini sempat tertunda karena padatnya agenda kegiatan madrasah. Sebelumnya pelaksanaan validasi telah disampaikan kepada seluruh guru-guru melalui Waka Kurikulum agar mempersiapkan berkas perangkat pembelajaran yang tercantum dalam dokumen buku kerja 1, 2 dan 3 sesuai  Kurikulum 2013 edisi revisi. Edisi revisi tersebut dilaksanakan dengan dasar hukum Permendikbud No 20-24 th. 2016.

Pada kegiatan validasi seorang guru membutuhkan Buku Kerja Guru sebagai panduan pelaksanaan tugas mengajar/mendidik. Buku kerja tersebut menjadi perangkat administrasi wajib berisi instrumen yang disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku.  Nanik Mutiani, M.Pd selaku Koordinator Pengawas Tingkat MA mengatakan tujuan validasi ini untuk Mengetahui perkembangan, kendala selama pembelajaran PJJ, Dalam pembelajaran daring selama pandemi Covid-19, banyak kendala yang dihadapi guru sebagai pendidik dan pengajar. Pembelajaran yang semula tatap muka (luring), akibat pandemi tersebut berubah dengan banyak dilakukan secara online (daring).

“Melalui kegiatan validasi diharapkan dapat menemukan solusi terhadap problem pembelajaran PJJ, serta bahan evaluasi untuk kegiatan pembejaran di masa pandemi” katanya.

Nanik Mutiani, M.Pd, menambahkan kegiatan ini tidak sekedar validasi atau verifikasi perangkat pembelajaran saja, namun dapat dijadikan alat bukti kinerja guru. Mengingat Tahun 2020 telah dilakukan pendampingan, untuk dapat dijadikan persiapan pemeriksaan tusi (tugas & fungsi) guru. Ada 2 item pada buku kerja guru yang dikoordinasikan  dengan Tim Pengawas Madrasah terkait item SK tentang kalender pendidikan dan istilah Perbaikan soal untuk bukti fisiknya. Catatan Pengawas Madrasah selanjutnya adalah ciri dari RPP daring/PJJ/BDR  pada sintak kegiatan pembelajaran menampilkan media terkait platform apa saja yang digunakan guru untuk memastikan pembelajaran dapat berjalan dengan baik, meskipun ini bukan satu satunya kunci untuk dapat memberikan   materi pembelajaran ke siswa secara efektif. Secara keseluruhan dari jumlah guru sebanyak 27 orang  hasil validasi 90% guru dapat melengkapi perangkat dengan baik dalam bentuk format buku kerja 1, 2 dan 3.

Sedangkan, Waka Kurikulum Niswah Latif, S.Ag mengatakan sekalipun masa pandemi masih belum berakhir,  diharapkan pembelajaran harus tetap dilaksanakan untuk menjaga mutu standar pendidikan madrasah. (asf)

02Mei2021
photo
Khatam Al Qur’an Hingga Takjil On The Road MAN Balikpapan
177
26Apr2021
photo
MAN Balikpapan Menjadi Tuan Rumah Rakor Realisaasi Anggaran 2021
142
21Apr2021
photo
MAN Balikpapan Gelar Pesantren Ramadhan Online
62
09Apr2021
photo
Gaung Literasi Bergema di MAN Balikpapan Melalui Karya Siswa
39
02Apr2021
photo
Penandatanganan Pakta Integritas Tahun 2021
108
27Mar2021
photo
MAN Balikpapan Menjadi Pilot Project Pembangunan ZI Tahun 2021
155
18Mar2021
photo
Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Kaltim dan Kepala Kantor Kemenag Kota Balikpapan Laksanakan Monitoring Ujian Madrasah 2021 di MAN Balikpapan
188
15Mar2021
photo
Kepala MAN Balikpapan Membuka Pelaksanaan Ujian Madrasah Secara Online
104