Program Tahfidz Kampus 2 Madinah MAN Boarding Kilo 8.5 Balikpapan
photo
FitriahSenin, 12 September 2022 - 11:34

Balikpapan (MAN Boarding)- Program tahfidz boarding merupakan salah satu program unggulan dari MAN Boarding untuk siswi boarding, kerena sementara hanya menerima siswi saja di MAN Boarding.  “Dengan harapan ketika lulus nanti siswi MAN Boarding minimal  memiliki hafalan kurang lebih 3-5 juz, dan bagi siswi yang memiliki hafalan sebelumnya diharap melanjutkan hafalannya." tutur  Ibu Istavida, M.Ag selaku Pembina Asrama Boarding MAN Balikpapan. 

Program tahfidz ini mulai dilakukan sejak awal pembelajaran  tahun 2022/2023 atau awal masuknya siswi boarding ke asrama Kampus 2 Madinan MAN bBalikpapan, dan dijadwalkan setiap malam ba’da maghrib. Siswi boarding tidak diperkenankan menggunakan HP  sebelum menyetorkan hafalan dengan tujuan agar bisa lebih fokus menghafal. Untuk pembagian tahfidz ini dari kelas X & XI  memulai hafalannya dari juz 30,dan bagi siswi yang sudah memiliki hafalan sebelumya harap melanjutkan hapalannya. Untuk jadwal tahfidz sendiri  sudah ditentukan  hari senin sd hari sabtu. 

Adapun ustazah pembimbing hapalan di asrama MAN Boarding adalah Ibu Ghina sekaligus  penerima hafalan siswi boarding, Beliau dipandang  sudah berpengalaman dan sudah menyelesaikan hafalan dan pendidikan terakhirnya di Bandung tepatnya di yayasan  Indonesia Alquran Center (IAC). 

Metode yang digunakan dalam program tahfidz boarding adalah sabaq, sabqi, manzil. Jadwal program hafalan yang sudah ditentukan oleh Ibu Ghina selaku Ustazah Pembimbing yaitu  hari senin sd  hari ju’mat untuk menyetor hafalan baru dan dihari sabtu untuk menyetor ulang hafalan yang sudah disetorkan dari hari senin sd hari jumat,

“hal ini bertujuan untuk menggabungkan dan mengulang  kembali hafalan yg telah di setorkan selama seminggu atau biasa di sebut muroja’ah, dan dengan cara ini bermanfaat karena konsep ini sangat efektif. Murajaah juga sangat bermanfaat karena problem yang sering terjadi dari seorang penghafal adalah mempertahankan hafalannya, bukan mendapatkannya. Maka dari itu Metode menghafal Qur’an dengan murajaah merupakan kunci sukses para siswi atau penghafal Qur’an untuk mempertahankan “ tandas Ibu Ghina. 

"Tentunya selain anak-anak mampu menghafalkan yang di targetkan, anak-anak yang juga berinteraksi dengan Al Qur'an setiap hari sehingga bisa berakhlak sesuai dengan akhlak Al-Quran" lanjut Ibu Istavida,M.Ag. 

“Harapan saya dengan adanya program yang terdepan mencetak kader-kader yang mutqin, atau kuat hafalannya bukan hanya menjaga  dilisan tetapi juga di dada, dan mampu membaca dalam bentuk paling sempurna  sebagaimana Al-Quran diturunkan” tambah Ibu Ghina kembali.                             

“Terima kasih untuk Pembina Asrama dan Ustazah Asrama Boarding MAN Balikpapan, semoga siswi boarding MAN Balikpapan selalu berinteraksi dengan akan  berakhlak sesuai Akhlak Al-Quran. Amiin.” pungkas Ibu Roihanun, S.Pd selaku Kepala MAN Balikpapan.(drh-nrh)

05Okt2022
photo
MAN Balikpapan Turut Berpartisipasi pada PORSENI KEMENAG KALTIM CUP 2022
1
05Okt2022
photo
Validasi Perangkat Pembelajaran Guru MAN Balikpapan 2022
0
05Okt2022
photo
Revalina Putri dan Khaliilah Aufa Sabet Prestasi Akademik Nasional Sosiologi
2
24Sep2022
photo
MAN Ikuti Kegiatan BRUS dari KUA Kota Balikpapan
6
24Sep2022
photo
Green Generation Award Tahun 2022 Kunjungi MAN Balikpapan
6
21Sep2022
photo
Tim Jurnalistik Untuk MAN Balikpapan
10
15Sep2022
photo
Ekskul GG MAN Balikpapan Adakan Program Pengumpulan Minyak Jelantah untuk Menyelamatkan dan Melestarikan Bumi
17
15Sep2022
photo
Estrakurikuler Mading Sebagai Wadah Pengembangan Bakat Siswa MAN Balikpapan
14