Siswa MAN Balikpapan Mengikuti Sosialisasi KESBANGPOL Kota Balikpapan
photo
FitriahRabu, 9 Maret 2022 - 22:29

Balikpapan ( Madrasah ) - Kegiatan Sosiolisasi KESBANGPOL ( Kesatuan Bangsa dan Politik ) pada Rabu (09/03/2022) pagi ini. Bertempat di ruang kelas XII IPA 1 MAN Balikpapan  pukul 09.00 WITA s.d selesai. Kegiatan yang bertajuk “Sosialisasi Pendidikan Wawasan Kebangsaan” melibatkan seluruh siswa kelas XI MAN Balikpapan. 

Kegiatan diadakan dengan dua opsi yaitu, offline terbatas dan daring di karenakan kasus Covid-19 yang kembali meningkat. Kegiatan ini diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya & Hymne Balikpapan secara serentak, kemudian dilanjutkan dengan  sambutan dari Kepala MAN Balikpapan  Roihanun, BA,. S.Pd beliau memberikan pesan dan kesan singkatnya kepada anak-anak penerus bangsa untuk selalu mengingat akan identitas bangsa kita Indonesia. Dilanjut dengan sambutan dari Bapak M. Syahdaruddin selaku Kepala Sub. Bidang Ideologi dan Wawasan Kebangsaan KESBANGPOL Kota Balikpapan. Beliau kembali menegaskan pentingnya menanamkan rasa cinta tanah air dalam setiap masing-masing jiwa agar bisa memperkuat pondasi negeri ini kelak. Tujuan diadakakannya kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada Siswa/i tentang pentingnya pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. 

Didampingi oleh Ibu Cahaya, S.Pd  selaku moderator jalannya acara “Kita harus menjadi generasi yang lebih baik dari sebelumnya,” tuturnya. Bapak Iptu Djoko Sunarto sebagai Narasumber, beliau menyampaikan materi yang dirasa perlu untuk menambah wawasan dalam menumbuhkan rasa cinta tanah air. Diawali dengan seluruh peserta yang menyuarakan slogan ‘GENERASI CERDAS CINTA TANAH AIR’ suara riuh yang terdengar cukup menggema dengan semangat yang tinggi. Banyak hal yang mencerminkan rasa cinta kita terhadap tanah air, misalnya perayaan hari-hari besar Nasional seperti 17 Agustus, biasanya di hari perayaan kemerdekaan Indonesia itu pastilah ramai mulai dari Upacara pengibaran Sang Sangka Merah Putih di Istana Presiden hingga lomba-lomba yang memeriahkan hari besar itu. Namun, semenjak adanya Pandemi kegiatan tersebut dibatasi guna mencegah penyebaran Covid-19. Akan tetapi hal itu tak menyurutkan kita sebagai bangsa Indonesia untuk tetap berpatisipasi dalam semarak hari kemerdekaan, sejak tahun 2021 pemerintah kota Balikpapan  memperdengarkan lagu Indonesia Raya di tiap lampu merah di kawasan sekitar, seperti Rapak, Balikpapan Baru dan daerah kota lainnya. Diharapkan pada saat Lagu Indonesia Raya diperdengarkan warga kota Balikpapan bisa mengambil sikap sempurna kala itu. 

Di satu sisi lunturnya rasa cinta tanah air menjadi kekhawatiran tersendiri. Banyak faktor yang memengaruhi hal tersebut salah satunya penggunaan Medsos ( Media Sosial ), memang tak selamanya penggunaan medsos bersifat negatif namun pada zaman yang semakin canggih para pengguna terlebih remaja lebih banyak menyiakan manfaat daripada menerapkannya. Lantas bagaimana cara kita agar senantiasa  menanamkan dalam jiwa dan pikiran rasa cinta tanah air? Yaitu dengan cara meresapi kata Bhineka Tunggal Ika, makna yang terkandung dalam Bhineka Tunggal Ika bukan hanya mengenai ‘Berbeda-beda Tetapi Tetap Satu Jua’ , “Kebhinekaan ada untuk membangkitkan semangat gotong royong warga,” pungkas  Bapak Iptu Djoko Sunarto.

Kegiatan ini juga diselingi dengan diadakannya sesi tanya jawab untuk para Siswa/i tentunya dengan hadiah yang sudah disiapkan apabila menjawab dengan benar, wahhh mendengar kata hadiah pastinya Siswa/i semakin bersemangat untuk menjawab hihi.

Materi dilanjutkan dengan pemahaman akan Kesadaran bela negara yang didasari oleh Empat Konsensus Bangsa, yaitu: Pancasila, UUD NRI tahun 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika. Slogan kembali diserukan dipimpin oleh Bapak Iptu Djoko Sunarto. “Siapa kita?,” lantangnya saat itu, kami pun menjawab “Saya Indonesia, Saya Pancasila, NKRI, Harga Mati!” sahut kami tak kalah lantang. Kita sebagai warga Indonesia punya peran pentingnya masing-masing, Iptu Djoko Sunarto berpesan “Ketika kita tidak melaksanakan peran itu tunggu kegagalanmu!”, tukasnya kala itu. Kegiatan ditutup dengan kembali diambil alih oleh Bapak M. Syahdaruddin yang didampingi oleh Ibu Cahaya, S.Pd. Beliau kembali menegaskan nilai dan kesan/pesan yang dapat diambil dari kegiatan tersebut.

Selanjutnya Ibu Cahaya, S.Pd selaku Moderator kegiatan sosialisasi ini. “Saya berharap semoga apa yang di sampaikan oleh Narasumber Siswa/i MAN bisa mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari,” ucapnya. Beliau juga berharap agar kegiatan sosialisasi semacam ini bisa terus berlanjut paling tidak pada waktu PPDB ( Penerimaan Peserta Didik Baru ) yang akan mendatang. (Dhni-Aml-Sitfit)

Tim Humas MAN Balikpapan

15Mei2022
photo
Guru MAN Balikpapan Mengikuti Kegiatan Pelatihan Teknis Keprotokolan
72
15Mei2022
photo
Kegiatan Wisuda ke XXX Siswa Siswi kelas XII MAN Balikpapan Tahun Pelajaran 2021 2022
126
12Mei2022
photo
MAN Balikpapan Adakan Halal Bi Halal Idul Fitri 1443 H
15
07Mei2022
photo
MAN Balikpapan Umumkan Hasil Kelulusan Kelas XII Secara Virtual Melalui Channel Youtube
110
28Apr2022
photo
Takjil On The Road Ramadhan MAN Balikpapan 1443 Hijriah
76
25Apr2022
photo
Siswa MAN Balikpapan Rebut Juara 2 dan 3 Lomba Puisi Tingkat Regional se Kalimantan Timur
97
25Apr2022
photo
Siswa MAN Balikpapan Terima Bantuan dari LAZ DPU Balikpapan
48
22Apr2022
photo
Keluarga MAN Balikpapan Adakan Kegiatan Launching Majelis Taklim, Musholla dan Perpustakaan
78